Pelantikan Hakim Pada Pengadilan Agama Larantuka – NTT

sambutan-3

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Larantuka, pada hari ini, Selasa 30 November 2010 Drs. Muhamad Camuda, MH., melantik Faisal S.Ag, sebagai Hakim Pratama pada Pengadilan Agama Larantuka Kelas II yang sebelumnya sebagai Cakim (Calon Hakim.red) pada Pengadilan Agama Sengkang Kelas I. Pelantikan yang berjalan dengan khidmat tersebut disaksikan oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta semua karyawan dan juga Ibu – Ibu yang terhimpun dalam Dharmayukti Karini pada Pengadilan Agama Larantuka.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Larantuka menyampaikan bahwa jabatan Hakim adalah amanah dari Allah SWT. Oleh karena itu, amanah ini harus dijaga sebaik mungkin karena saudara bukan saja bertanggungjawab kepada atasan saudara tetapi lebih dari itu saudara harus mempertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

Tantangan berat Badan Peradilan sekarang ini adalah masyarakat pencari keadilan masih sering mengajukan keluhan terhadap dunia peradilan. Keluhan tersebut tidak hanya menyangkut kecepatan dan ketepatan pelayanan, melainkan juga menyangkut martabat, integritas dan kepercayaaan umum terhadap dunia peradilan.

Ketidak percayaan terhadap lembaga peradilan, salah satu penyebabnya adalah adanya perilaku sementara warga peradilan yang dengan sengaja atau tidak sengaja, sadar atau tidak sadar melakukan berbagai tindakan tidak terpuji termasuk melakukan perbuatan KKN.

Oleh karena itu untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap dunia peradilan sehingga kehormatan dan integritas dapat terpelihara secara terhormat, maka peradilan dan segenap aparat pendukungnya termasuk Hakim harus lebih profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya, harus jujur, berintegritas tinggi, bertanggungjawab, dan berdisiplin tinggi.

sambutan-3

Dalam sambutannya pula Muhamad Camuda menyampaikan bahwa salah satu ciri hakim yang profesional adalah mengerti akan tugas-tugasnya sebagai seorang hakim dan memahami sifat-sifat hakim yang terukir dalam lambang hakim yang dikenal dengan “Panca Dharma Hakim” yaitu beriman kepada Allah SWT, berlaku adil, berwibawa, berakhlak mulia dan jujur. Sifat-sifat hakim ini lanjutnya bukan hanya diketahui saja tetapi lebih dari itu harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam dinas maupun diluar dinas. Inilah salah satu contoh sikap dan sifat seorang hakim khususnya dan aparat peradilan pada umumnya untuk bekerja secara profesional, agar integritas dan kemandirian peradilan dapat dihormati sehingga visi Mahkamah Agung untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang agung dapat dicapai.

sambutan-1

Ketua Pengadilan Agama Larantuka berpesan agar seluruh aparat peradilan khususnya Pengadilan Agama Larantuka agar selalu menjalankan tugas-tugasnya untuk mewujudkan keadilan dan kebenaran maupun dalam pergaulan sebagai anggota masyarakat yang harus dapat memberikan contoh dan suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan kepada hukum. Demikian Muhamad Camuda dalam mengakhiri sambutannya.

Dalam kata-kata perkenalannya (Faisal, S.Ag,) putra kelahiran Sengkang ini menyampaikan terima kasih banyak kepada Pimpinan dan seluruh karyawan/ti Pengadilan Agama Larantuka yang telah bekerja sama sehingga acara pelantikan ini bisa berjalan dengan sukses. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa sebagai orang baru di PA Larantuka tentunya bimbingan dan arahan dari Ketua dan rekan-rekan hakim yang senior sangat diharapkan agar tidak salah dalam melangkah. Beliaupun mohon maaf jika pelantikan ini tidak dapat didampingi oleh isteri karena alasan kesehatan.

sambutan-2

Acara pelantikan akhirnya ditutup dengan do’a oleh Khalil Wazir bin Idris, S.Kom. dan selanjutnya ramah tamah dan makan bersama. (IT.PA.Lrt)