Hakim Agung Prof Abdul Manan Ingatkan 8 Hal Penting

Larantuka l Badilag.net

Pada hari kedua Pembinaan Teknis Administrasi Peradilan Agama bagi Hakim Tinggi angkatan III yang berlangsung di Bandung, Selasa (3/7/2012), Hakim Agung Yang Mulia  Prof. DR. H. Abdul Manan, SH. S.IP. M. Hum tampil sebagai pemateri.

Yang Mulia Prof. Abdul Manan menyampaikan bahwa pekerjaan administrasi adalah tugas hakim yang dilimpahkan kepada pejabat Kepaniteraan.

“Sesuai dengan Pasal 49 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama, tugas Pengadilan Agama yaitu memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama,” kata Prof. Abdul Manan.

Ditambahkannya, bahwa tugas menerima dan menyelesaikan perkara yang semestinya dilaksanakan oleh Hakim, lalu dilimpahkan kepada pejabat Kepaniteraan. Oleh sebab itu tidak ada alasan bagi Hakim untuk tidak menyelesaikan administrasi perkara dengan baik.

Prof. Abdul Manan meminta kepada Hakim agar memperhatikan dan menyelesaikan administrasi perkara sehingga tidak ada perkara yang sudah diputus lebih satu bulan tidak diminutasi. Hakim juga harus terlebih dahulu membaca secara seksama berita acara sidang sebelum menanda tanganinya.

Selanjutnya……..