Diupayakan Draft Kenaikan Gaji Hakim Selesai 30 Juli 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim kecil yang bertugas merumuskan gaji dan status hakim telah menyelesaikan perumusan Peraturan Pemerintah (PP) terkait gaji dan status hakim sebagai pejabat negara diperkirakan rampung pada 30 Juli 2012 mendatang.

“Draft akan selesai pada tanggal 30 Juli 2012 ini sesuai dengan Surat Keputusan MA, bahwa tim perumus harus menyelesaikan paling telat 30 Juli 2012,” kata kepala biro hukum dan humas MA Ridwan Mansyur di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2012).

Ridwan mengungkapkan, tim kecil ditengah penyusunan PP ini mengalami kendala kala membahas besaran kenaikan serta tunjangan hakim yaitu ketika menyusun besaran tunjangan yang harus diklasifikasi antargolongan.

“Tidak mungkin disamakan antara hakim pengadilan negeri dengan hakim tinggi di propinsi serta tingkatan-tingkatan hakim,” kata Ridwan.

Ridwan melanjutkan, tim kecil yang terdiri dari (MA), Komisi Yudisail (KY), Sekretariat Negara (Setneg), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini berusaha agar selesai tepat waktu, pada tanggal 30 juli 2012 mendatang.

“Jika 30 Juli ini selesai dan PP nya cepat disetujui oleh presiden, maka tunjangan dan status hakim sebagai pejabat negara akan naik tahun ini. Namun kalau tidak hakim harus mernunggu sampai Januari 2013,” kata Ridwan.( IT.PALRT)