SOSIALISASI HASIL RAKERNAS MARI TAHUN 2011 DI PA LARANTUKA

pa-larantuka.net

Senin, 10 Oktober 2011 setelah apel pagi dilaksanakan, di Ruang Sidang Pengadilan Agama Larantuka, Ketua PA Larantuka beserta Pansek menyampaikan gambaran umum hasil pembahasan RAKERNAS tahun 2011.

Sosialisasi Hasil RAKERNAS MARI tahun 2011 pada PA Larantuka ini diikuti oleh seluruh Hakim, pejabat struktural maupun fungsional beserta staf. Sosialisasi Hasil Rakernas MARI tahun 2011 ini agak terlambat dilaksanakan disebabkan karena masih menunggu beberapa pegawai Pengadilan Agama Larantuka yang masih mengikuti Acara Bimbingan Tekhnis dan Ujian Sertifikasi yang berlangsung mulai tanggal 03 s/d 06 Oktober 2011 bertempat di Hotel T More Jalan El Tari Kupang. Demikian Samsudin, S.Ag menjelaskan.

Dalam penyampaiannya Ketua PA Larantuka Drs. Muhamad Camuda, MH. dan Pansek, Samsudin, S.Ag.mengatakan bahwa Walaupun materi pembahasan dalam RAKERNAS MARI tahun 2011 telah dipublikasikan pada portal Rakernas itu sendiri, tetapi sudah menjadi tradisi  pada Pengadilan Agama Larantuka untuk mensosialisasikan materi yang diperoleh baik itu pimpinan, hakim  ataupun staf yang telah mengikuti diklat, sosialisasi, bintek, ataupun rapat kerja. Hal ini lanjutnya sebagai salah satu bukti pertanggungjawaban perjalanan dinas itu sendiri dan juga agar seluruh pegawai dapat memperoleh informasi-informasi yang baru.

Selain itu disampaikan pula  8  poin program prioritas yang perlu mendapat perhatian seluruh pegawai pada lingkungan peradilan agama diantaranya:

(1) Penyelesaian Perkara yang tepat waktu; (2) Manajemen SDM yang terencana dan terlaksana dengan baik; (3) Pengelolaan Website demi keterbukaan informasi publik; (4) Meja Informasi untuk memberikan pelayanan informasi di gedung pengadilan; (5) Pelayanan Publik yang prima; (6) Implementasi SIADPA Plus sebagai automasi Pola Bindalmin; (7) “Justice for All” yang terdiri dari Perkara Prodeo, Sidang Keliling dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum); dan (8) Pengawasan.

Lebih lanjut Camuda menegaskan bahwa untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik, diperlukan komitmen yang tinggi dan kesamaan persepsi mulai dari pimpinan sampai seluruh pegawai  sesuai dengan visi dan misi kita. Dan kita harus meningkatkan  kepedulian kita kepada program-program pembaruan untuk dilaksanakan seoptimal mungkin. Keterbatasan SDM, sarana prasarana dan anggaran yang kita alami jangan dijadikan halangan untuk dapat melaksanakan pembaruan-pembaruan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas pokok dan pelayanan kepada masyarakat luas. Demikian M.Camuda mengakhiri penyampaiannya.

Sosialisasi ini berakhir pada pukul 11.30 dan ditutup oleh pansek Samsudin, S.Ag.